Khasiat Panax Ginseng

khasiat Panax Ginseng

Khasiat panax ginseng tidak diragukan lagi dalam mengobati berbagai penyakit. Panax Ginseng itu sendiri adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama “ginseng” diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal bahasa Kanton, jên shên, yang dalam bahasa Mandarin dibaca “ren shen”, 人蔘, yang berarti duplikat manusia, karena bentuk akarnya yang kerap menyerupai manusia. Ginseng sering kali digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn, dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaannya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Beberapa khasiat ginseng untuk kesehatan, namun ada beberapa yang harus diperhatikan.

Mengurangi Stress Mental

Ginsenosides ditemukan dalam ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan dan kejernihan mental, sementara itu memperbaiki perubahan suasana hati. Ini juga merupakan anti depresan yang baik dan anti kecemasan. Cukup mengambil satu kapsul Ginseng atau secangkir teh Ginseng tiga kali seminggu jika merasa sedih atau melakukan pekerjaan berat.

Mengobati Diabetes Tipe 2

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ginseng dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Namun, karena efek jangka panjang dari ginseng masih belum diketahui. Juga, tidak diketahui bagaimana ginseng berinteraksi dengan resep obat diabetes. Jadi orang-orang dengan diabetes tidak boleh mengambil ginseng atau mengkombinasikannya dengan obat resep mereka kecuali diawasi oleh ahli kesehatan.

Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat adaptogenik dalam ginseng membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi dalam darah. Ini membantu melawan flu dan infeksi lainnya.

Mencegah Kanker

Ginseng mengandung ginsenosides, yang diyakini memiliki sifat anti-kanker. Ginsenosides menghambat perkembangan siklus sel, sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, Jika Anda telah didiagnosa memiliki kanker, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi ginseng secara rutin.

Menurunkan Kolesterol

Dalam beberapa penelitian, Ginseng ditemukan untuk menurunkan tingkat. LDL (kolesterol jahat). Para peneliti percaya bahwa kehadiran ginsenosides di Ginseng bertanggung jawab atas kemampuan ini, tetapi proses yang sebenarnya tidak jelas terhadap kolesterol.

Meredakan Kelelahan

Ginseng dikenal sebagai adaptogen yang dapat memerangi kelelahan dan memperkuat sistem saraf. Dalam satu penelitian di Inggris dilakukan pada perawat yang melakukan kerja shift, ginseng mengurangi kelelahan dan meningkatkan suasana hati mereka. Para perawat juga melakukan lebih baik pada koordinasi dan tes kecepatan.

Minum satu cangkir teh ginseng setiap hari untuk membantu melawan kelelahan, Kapsul dan formulasi dapat digunakan juga. Istirahat dalam mengkonsumsi ini membantu untuk mencegah beberapa efek reportedside (seperti insomnia, tekanan darah rendah dan gelisah) dari penggunaan jangka panjang dari ginseng.

Meningkatkan Stamina

Selain menghilangkan kelelahan, adaptogen juga meningkatkan energi dan stamina. Oleh karena itu, ginseng adalah tonik herbal stimulan yang populer bagi para atlet.

Merangsang vitalitas pria

Ginseng telah lama digunakan untuk impotensi karena efek adaptogenik-nya. Hal ini meningkatkan vitalitas dan membantu membawa tubuh kembali ke normal. Beberapa studi klinis telah menunjukkan bahwa ginseng dapat memfasilitasi fungsi vitalitas, dan meningkatkan produksi sperma serta kualitas sperma. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil ginseng bersama dengan obat resep lain karena dapat mengganggu dalam beberapa penyembuhan.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Ginseng Asia atau Korea adalah obat yang baik untuk mengobati gangguan lambung seperti diare, nafsu makan yang buruk, mual, muntah dan gangguan pencernaan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lain kesehatan konsumsi secara teratur ginseng Asia adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan cardiovascular dengan agregasi platelet dan menjaga kadar kolesterol. Namun, beberapa studi klinis menunjukkan bahwa ginseng dapat memperburuk kondisi hipertensi. Jadi, penderita hipertensi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengambil ginseng apapun.

Supaya lebih praktis dalam mengonsumsinya maka pada akhirnya ginseng diolah lagi menjadi produk teh, tablet dan madu supaya masyarakat bisa lebih mudah untuk mendapatkan manfaatnya.

Salah satu olahan dari minuman yang mengandung ginseng adalah bandrek spesial yang dipoduksi oleh CV. Cintek dengan nama produk hanjuang. Minuman ini merupakan kolaborasi dari minuman tradisional jawa barat yakni bandrek dengan panax ginseng yang sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*