Macam-Macam Minuman Khas Indonesia

Macam-Macam Minuman Khas Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya. Kekayaan ini dapat dilihat dari segi alam, budaya dan manusianya. Dari sisi kuliner saja, ada macam-macam minuman khas Indonesia yang berasal dari berbagai wilayah di nusantara ini. Ini semua sudah sepatutnya kita syukuri dan sekaligus kita lestarikan.

Berikut ini beberapa minuman khas Indonesia dari berbagai wilayah

Cendol

es cendolCendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

 

 

Bandrek

bandrekBandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya

 

Es Teler
Es telerEs teler adalah ‘koktail’ buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun pandan (biasanya dalam bentuk sirup cocopandan), gula, dan sedikit garam.

 

 

Lahang

lahangLahang merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari nira. Rasa manis dan segar adalah ciri dari minuman ini. Lahang diperoleh dari sadapan pohon aren.Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai untuk disajikan disiang hari.

 

 

Teh Talua

teh taluaTeh Talua atau Teh Telur adalah minuman khas Sumatera Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

 

Es palu butung

Es palu butung adalah jenis minuman tradisional asal Makassar, Sulawesi Selatan. Biasa Anda temui di restoran yang menyediakan makanan khas Makassar. Rasanya yang lezat dan segar, serta bentuk penyajian yang menarik dan berwarna hijau segar membuat minuman ini layak Anda coba buat sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*