Macam-macam Minuman Tradisional Indonesia

 

Macam-macam minuman tradisional yang ada Indonesia merupakan bukti kekayaan dan keberagaman negara kita baik itu sumber daya alamnya maupun budayanya yang termasuk di dalamnya adalah minuman dan makanan.

Ada bermacam-macam minuman tradisional khas daerah, baik yang kita kenal maupun masih asing di telinga. Berikut ini beberapa minuman tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia

Teh Talua (Sumatra Barat)

Teh Talua atau Teh Telur adalah minuman khas Sumatera Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

 

 

 

 

Bajigur (Jawa Barat)

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan garam,  daun pandan, dan bubuk vanili.

 

 

 

 

Sekoteng (Jawa Tengah)

 Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari.

 

 

 

 

 

Es palu butung (Sulawesi Selatan)

 Es palu butung adalah jenis minuman tradisional asal Makassar, Sulawesi Selatan. Biasa Anda temui di restoran yang menyediakan makanan khas Makassar. Rasanya yang lezat dan segar, serta bentuk penyajian yang menarik dan berwarna hijau segar membuat minuman ini layak Anda coba buat sendiri di rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*