Minuman Khas Bandung

minuman khas bandung

Bandung terkenal sebagai kota wisata. Banyak tempat wisata yang dikunjungi para pelancong setiap liburan tiba. Maka sudah sewajarnya ketika liburan tiba, jalan-jaln utama di kota Bandung macet. Selain wisata alamnya, Bandung juga terkenal dengan wisata kuliner, wisata fashion , wisata pendidikan bahkan wisata rohani. Sebagai kota yang terkenal dengan wisata kulinernya, Bandung menawarkan berbagai jenis kuliner khas Jawa Barat umumnya dan Bandung khususnya, baik berupa makanan dan minuman. Makanan dan minuman khas Bandung ini memang sudah terkenal di kalangan pelancong yang datang berlibur ke kota Bandung.

Pada kesempatan ini, saya akan mencoba mengulas berbagai minuman khas Bandung yang banyak diburu baik oleh warga Bandung maupun para pelancong yang berlibur. Adapun minuman khas tersebut antara lain :

Cendol

es cendol

Cendol juga merupakan khas sunda yang berasal dari tepung beras, dihidangkan dengan dicampur es serut dan gula merah cair dengan ditambahkan santan. Rasanya manis dan gurih. Cendol sangat dinikmati dalam keadaan cuaca yang panass terik, memberikan efek yang menyegarkan. Salah satu cendol yang terkenal khususnya di kota Bandung adalah cendol Elisabeth.

Bandrek

bandrek

Bandrek merupakan salah satu minuman khas Bandung dan Jawa Barat yang memberikan efek hangat pada tubuh. Bahan dasar bandrek adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

 

Selain kedua jenis minuman di atas, masih banyak lagi minuman yang merupakan minuman khas Bandung, ada es oyen, bajigur, es cingcau dan masih banyak yang lainnya. Maka sudah sewajarnya diberi label surganya kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*