Resep makanan tradisional ”Ketoprak.

Mirip seperti makanan pecal, ketoprak juga berkuah kacang. Bedanya, terletak pada bahan yang disajikan. Jika pecal mayoritas sayuran, lain halnya dengan ketoprak yang hanya menyajikan ketupat dan toge. Di beberapa pedagang, kadang ditambahkan soun, tahu, bahkan telur. Agar semakin sedap, tak lupa ditaburkan bawang goreng.

Meski mudah ditemui di beberapa daerah di indonesia, nyatanya asal usul makanan ini masih dipertanyakan. Sebagian orang meyakini ketoprak menjadi salah satu makanan khas Betawi, suku mayoritas warga Jakarta. Namun ada juga yang menyebut makanan ketoprak berasal dari daerah Cirebon. Pendapat lain mengatakan, ketoprak justru berasal dari Jawa Tengah. Belum ada bukti pasti yang menegaskan bahwa satu di antara ketiga daerah itu menjadi asal lahirnya makanan ketoprak.

Selain asalnya yang masih misterius, hal unik lain dari makanan ketoprak adalah soal namanya. Banyak pendapat soal dari mana nama ketoprak muncul. Ada yang menyebut ketoprak merupakan singkatan dari ketupat toge dan digeprak.

Sebaliknya, bisik-bisik lain menyebut penamaan ketoprak bermula ketika seorang pria yang ingin makan. Kemudian, dengan bahan makanan yang ada saat itu seperti ketupat dan toge, dia coba meramu dengan menambahkan sejumlah bahan. Dia mengambil bawang putih, cabai rawit dan beberapa butir kacang, lalu digiling dengan ditambahkan sedikit air.

Ketupat dan toge itu kemudian dicampurkan ke dalam gilingan kacang yang menjadi kuah. Setelah dia sajikan di piring, pria itu belum mempunyai ide menamakan apa makanannya itu. Sambil terus berpikir, piring yang dipegang terjatuh dan bunyi ‘ketuprak’ Bunyi piring yang jatuh kemudian menginspirasinya memberikan nama untuk campuran ketupat, toge dan kuah kacang itu menjadi ketoprak. Lagi-lagi, belum ada yang memastikan benar tidaknya ragam pendapat itu.

Hal unik lainnya tentang ketoprak bukan hanya namanya. Melainkan jenis gerobak yang biasa dipakai pedagang. Gerobak pedagang ketoprak mempunyai model yang sama berbentuk seperti perahu. Tak sekadar gerobaknya yang sama, penggunaan dan penyusunan segala perkakas di atas gerobak juga sama. Salah satu yang pasti ada di gerobak ketoprak adalah panci stainless, kemudian penggorengan di bagian ujung gerobak, kaleng biskuit bekas untuk kerupuk dan cobek kayu.

Anda pun bisa mencobanya membuat ketoprak sendiri di rumah dengah bahan cara pembuatan seperti dibawah ini ;

Baha-bahan;

Secukupnya ketupat/lontong, potong2
Secukupnya toge, rebus, tiriskan
Secukupnya bihun, rebus, tiriskan
Secukupnya tahu, goreng setengah matang, iris besar
Secukupnya kerupuk merah
Secukupnya kecap manis

Bumbu saos kacang (untuk 1 porsi) :
2 cabe rawit merah yg sudah di goreng (ukuran pedas sedang)
1/2 bawang putih
1 sdm air asam/1 jeruk limo
1/2 sdt gula merah
2 sdm munjung kacang tanah yg sudah digoreng dan dihaluskan
1/4 sdt garam
50 ml air matang, / sesuai kekentalan yg di inginkan

Langkah-langkah pembuatan ketoprak ;

  • Goreng kacang tanah (250gr bisa buat 6 porsi), haluskan.
  • Saos kacang : Ulek di piring (hati2 jgn pecah piringnya). Bawang putih, cabe, garam, gula merah dan air asam/air jeruk limo hingga benar2 halus.
  • Masukkan kacang tanah yg sudah halus, campurkan sambil sedikit di ulek dan di tambah air sedikit demi sedikit agar mudah tercampur.
  • Tambahkan juga sedikit kecap manis, campur. Koreksi rasa.
  • Tambahkan di atas saos kacang, potongan lontong/ketupat, potongan tahu, bihun dan toge secukupnya.
  • Terakhir tambahkan kecap manis dan kerupuk di atasnya.
  • Ketoprak siap di santap.

Pengen jajan ga bisa keluar rumah? Buat aja sendiri.

Lihat juga aneka resep makanan dan minuman lainnya di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.