Resep Nasi liwet khas sunda

Nasi liwet adalah salah satu sajian nasi khas dari daerah di Indonesia, setiap daerah bahkan memiliki ciri khas nasi liwet masing-masing. Saat ini banyak nasi liwet yang sudah dimodifikasi dengan tambahan bahan khusus sehingga menjadikan nasi liwet semakin nikmat. Resep nasi liwet pun ada banyak sekali macamnya, bisa dipilih sesuai selera dan ketersediaan bahan di rumah atau di pasar.

Nasi liwet adalah resep masakan daerah yang sudah menjadi menu umum yang biasa dimasak di rumah karena memang dikenal nikmat. Resep nasi liwet banyak diminati oleh masyarakat karena cita rasanya yang gurih, enak dan pulen saat dimakan.

Untuk bisa memasak sendiri nasi liwet di rumah ada banyak resep nasi liwet yang bisa dipraktekkan seperti di bawah ini :

Resep nasi liwet khas sunda

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat nasi liwet khas Sunda adalah :

Beras putih 1/2 kilo gram
Bawang merah 7 siung diiris tipis
Daun salam 4 lembar
Serai 4 batang di geprek
Penyedap rasa opsional
Garam secukupnya
Air 1,2 L

Cara Membuat Nasi Liwet Sunda

Untuk menghasilkan nasi liwet Sunda yang nikmat dengan bahan-bahan di atas, maka harus mengikuti cara yang benar saat membuatnya. Berikut ini cara membuat nasi liwet Sunda yang bisa dipraktekkan di rumah :

Pertama, cuci bersih dengan air beras putih yang sudah disiapkan dan sudah dibersihkan dari kotoran. Kemudian masukan ke dalam panci yang akan digunakan untuk masak.
Kedua, tambahkan air bersih setinggi dua ruas jari agar teksturnya pas.
Ketiga, tambahkan bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya, aduk hingga rata.
Keempat, letakkan diatas kompor atau menggunakan rice cooker, kurang lebih 45 menit atau panel otomatis rice cooker mati.

Itulah cara membuat nasi liwet Sunda yang memiliki cita rasa nikmat, untuk menyajikan nasi liwet siapkan juga tahu, tempe, lalapan. Akan semakin lengkap jika disajikan dengan ikan asin dan ayam bakar, rasanya pasti sangat nikmat.

lihat juga aneka resep makanan dan minuman tradisional di link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.