Wisata pemandian air panas ciater

Berendam di kolam renang mungkin sudah biasa. Tapi, bagaimana rasanya jika berendam di kolam air panas? Sudah bisa dibayangkan sensasi rileks dan menyegarkan yang didapatkan. Bagi Anda yang bermukim di Jawa Barat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kawasan Wisata Ciater di Subang. Di sana ada banyak pemandian air panas terkenal mulai dari Pemandian Air Panas Ciater, Sari Ater, hingga Gracia Resort. Selain menawarkan tiket masuk yang murah, fasilitas yang disediakan di Ciater juga termasuk lengkap. Tidak mengherankan jika Ciater dikunjungi banyak wisatawan, baik dari Bandung, Jakarta, maupun kota lainnya.

Pemandian Air Panas Ciater terletak di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Wisata Pemandian Air Panas Ciater itu berdiri di atas lahan seluas 30 hektare dan disebut-sebut sanggup menampung hingga 60 ribu pengunjung setiap harinya. Pemandian Air Panas Ciater sendiri terdiri dari beberapa kolam yang lingkungan sekitarnya sengaja dibiarkan tetap alami agar para pengunjung tetap merasakan nuansa alam saat berada di sana.

Tidak hanya memiliki nuansa alam khas pegunungan yang sejuk, berendam di Pemandian Air Panas Ciater yang mengandung belerang itu kabarnya bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan belerang yang tinggi, kalsium, sulfat, magnesium, hyperthermia, dan lain-lain di kolam Pemandian Air Panas Ciater dianggap dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, rematik, gangguan saraf, dan sebagainya. Menariknya, selain dimanfaatkan sebagai pemandian, rupanya air alami dari kawah Gunung Tangkuban Perahu ini juga digunakan untuk mengairi sawah (irigasi).

Apabila Anda berencana mengunjungi Pemandian Air Panas Ciater, Anda tidak perlu kebingungan untuk mencari lokasinya, sebab sudah ada petunjuk jalan. Di samping itu, kondisi jalan menuju Pemandian Air Panas Ciater juga cukup baik dan dapat dilalui kendaraan. Berikut ini akan disajikan informasi mengenai panduan rute ke Pemandian Air Panas Ciater.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Ciater

Untuk mencapai Pemandian Air Panas Ciater, Anda bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum, sebab lokasinya cukup mudah untuk dijangkau. Walaupun Pemandian Air Panas Ciater berada di Kabupaten Subang, jarak kolam pemandian dari Kota Bandung terbilang cukup dekat yaitu sekitar 32 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan apabila tidak terkena macet. Sedangkan jika Anda mengawali perjalanan dari Lembang, maka membutuhkan waktu hanya sekitar 15 menit untuk sampai di Pemandian Air Panas Ciater. Sementara, jika dari kawah Gunung Tangkuban Perahu hanya berjarak 7 km.

Jika digambarkan, rute ke Pemandian Air Panas Ciater dari Bandung adalah melalui Jalan Setiabudi-Ledeng-Lembang-Cikole-Ciater. Kalau Anda berangkat dari Jakarta, rute perjalanan untuk mencapai Pemandian Air Panas Ciater dapat ditempuh melalui 2 alternatif yaitu Jalur Puncak sejauh 212 km atau melalui jalur Tol Cikampek-Bekasi sejauh 185 km.

Namun, bagi Anda yang berencana bepergian ke Pemandian Air Panas Ciater dengan naik kendaraan umum, bisa naik angkutan kota (angkot) dari Kota Bandung dengan menumpang angkot yang menuju arah Terminal Ledeng. Setelah sampai di Terminal Ledeng, Anda bisa naik angkot lagi jurusan Ledeng-Lembang. Setibanya di Terminal Lembang, Anda bisa oper angkot jurusan Lembang-Subang. Dari sana, perjalanan menuju Pemandian Air Panas Ciater hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Nantinya, Anda bisa turun di Jalan Cagak, Kecamatan Ciater. Berikut ini informasi mengenai harga tiket masuk Pemandian Air Panas Ciater

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciater
Tiket masuk area pemandian 35.000 per orang
Tiket masuk kolam air panas utama 80.000 per orang (weekend & weekday)
Tiket masuk kolam pemandian reguler 20.000 – 55.000 per orang

 

Lihat juga tempat wisata lainnya disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.