Minuman Tradisional Beras Kencur

Beras KencurSama seperti minuman tradisional sebelumnya, beras kencur juga direkomendasikan banyak orang sebagai salah satu minuman penambah daya tahan tubuh. Minuman ini sudah dikenal dari generasi ke generasi dari jaman dulu hingga sekarang sebagai jamu berkhasiat dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Perpaduan antara beras dan kencur serta rempah lainnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah imun guna menangkal serangan dari berbagai macam virus.

Jamu beras kencur biasanya banyak di jual oleh para penjual jamu gendong pada jaman dulu untuk saat ini juga banyak yang berjualan jamu beras kencur dengan menggunakan kendaraan. Peminat jamu beras kencur tidak hanya di kalangan orang dewasa saja akan tetapi mulai dari anak-anak hingga orang tua sangat menyukainya.

Adapun cara membuat beras kencur yaitu:

Bahan Utama
50 gram kencur
100 gram beras yang sudah direndam semalaman
3 lembar daun pandan
2300 cc air
200 gram gula jawa
200-250 gram gula batu
1/2 sdt garam
1 buah jeruk nipis

Cara Membuat Beras Kencur

Sangrai beras hingga sedikit kekuningan.
Rebus air hingga mendidih. Masukkan daun pandan, gula jawa, gula batu, dan garam. Masak hingga semua gula larut. Dinginkan. Haluskan beras dan kencur lalu beri sedikit air gula. Satukan halusan beras dan kencur lalu saring dengan kain atau saringan santan. Saring beberapa kali hingga air gula habis. Tambahkan perasan air jeruk nipis agar rasa kencur tak terlalu getir.
Sajikan secara hangat atau dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.