Bandrek Minuman Berkhasiat

wedang jahe“Bandrek ” minuman ini  cocok dihidangkan pada saat-saat yang dingin, seperti di kala hujan, malam hari ataupun cuaca dingin lainnya. Bandrek bahan dasarnya yang paling penting adalah jahe dan gula aren.
Tapi di daerah-daerah tertentu di Indonesia, ada yang menambahkan rempah – rempah tersendiri agar hangatnya lebih mantap dan greng, seperti serai, merica, pandan, dan telur ayam kampung atau juga susu bisa ditambahkan, tergantung dari selera dan minat baraya hanjuang. Banyak orang percaya khasiat bandrek untuk menyembuhkan penyakit ringan, seperti sakit tenggorokan dan flu.
Manfaat jahe yang terkandung dalam bandrek diantaranya:
Menurunkan tekanan darah (hipertensi),
Jahe mampu menurunkan tekanan darah karena jahe mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan meringankan kerja jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh.
Membantu pencernaan.
Khasiat jahe dalam membantu pencernaan karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease serta lipase, masing-masing enzim tersebut mencerna protein dan lemak.
Melancarkan Peredaran Darah.
Kandungan Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan, berfungsi mencegah penggumpalan darah. Mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang menjadi penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
Obat Mual dan Masuk angin.
Kandungan senyawa pada Jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mualakibat mabuk perjalanan. Senyawa yang terdapat apda jahe membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
Menangkal Radikal Bebas.
Kandungan antioksidan pada Jahe membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh baik melalui makanan maupun udara yang tercemar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*