Cara Bikin Bajigur

bajigur

Cara bikin bajigur gimana sih? Kata seorang wisatawan dari Jakarta yang pernah datang ke bandung dan sempat menikmati bajigur. Bajigur merupakan salah satu minuman khas priangan yang dapat dinikmati baik hangat maupun dingin.  Membuat sendiri bajigur tidaklah sulit karena bahannya memang sederhana dan mudah diperoleh di pasaran sekitar kita. Untuk Anda yang ingin mencoba sendiri bajigur ini, berikut caranya :

Bahan Bajigur :    1 liter santan,  150 gr gula merah (aren) yang disisir halus; 2 lembar daun pandan, 5 cm kayu manis,   2 sendok teh kopi bubuk (kalau suka).

Cara Membuat Bajigur :   Rebus bahan bajigur yaitu santan, daun pandan dan kayu manis sambil diaduk diatas api kecil sampai harum. Masukkan gula merah lalu aduk sampai gula larut. Saring dan sajikan hangat. Tambahkan irisan kolang-kaling rebus atau irisan roti berbentuk dadu untuk menambah kenikmatan.

Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar khususnya luar Jawa Barat, mencari penjual bajigur bukanlah perkara mudah. Secara tradisional, biasanya para penjual minuman ini menjajakannya dengan gerobak dorong yang seringkali dilakukan pada waktu siang sampai dengan malam hari. Penjual minuman ini biasanya dibarengi dengan makanan ubi rebus, pisang rebus, kacang rebus, katimus, dan makanan khas lainnya.

Bajigur hanjuang

Namun saat ini bagi Anda yang ingin mencoba minuman tradisional khas priangan ini tak perlu repot dan susah mencarinya. Sekarang minuman tradisional bajigur ini sudah ada dalam kemasan sachet atau renteng yang praktis dan dipesan kapan saja karena sudah tersedia secara online di hanjuang.com. Cukup dengan satu gelas air panas dicampur dengan 1 sachet bajigur sudah dapat menikmati minuman hanjuang yang nikmat. Selain bajigur, minuman instan lain yang diproduksi oleh hanjuang adalah bandrek, sekoteng, beas cikur dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*