Cara Membuat Minuman Bandrek Sachet Hanjuang

usaha-jualan-bandrekAromanya menyegarkan, rasanya sedikit pedas, tetapi sensasi sensasinya boo… hangat di kerongkongan dan tubuh, itulah minuman tradisional bandrek yang banyak ditemui Bandung. Bagaimana Cara Membuat Minuman Bandrek Sachet Hanjuang yang terkenal enak dan nikmat itu?

Minuman tradisional khas Jawa Barat ini dulunya dijual oleh penjual keliling, biasanya malam hari menemani mereka yang belum tidur atau yang bekerja tugas malam. Penjual menjajakn minuman bandrek ini biasanya dilengkapi dengan makanan ringan hasil kebun seperti ubi rebus, singkong rebus, pisang rebus dan kacang rebus.

Mengingat minuman ini dibuat langsung dan dijual langsung – biasanya penjual menyediakan dalam bentuk gelas siap minum – sudah tentu minuman ini bersifat sesaat. Artinya bandrek yang dijual sekarang mungkin tidak cocok untuk dijual esok harinya atau hari-hari berikutnya. Jadi seorang penjual bandrek tradisional setiap hari meracik minuman untuk dijual hanya hari itu saja.

Kini seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman instan beberapa produsen membuat bandrek dalam bentuk kemasan sachset. Bandrek tidak lagi dijual dalam gelas siap minum tapi dalam bentuk serbuk yang dikemas. Keuntungan dari penjualan dalam bentuk kemasan sachset ini adalah tahan lama dan praktis. Tiap produsen mengemas bandrek sachset ini bervariasi mulai dari yang manual menggunakan tangan sampai yang modern menggunakan mesin, tergantung dari skala usaha produsen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*