Daftar Minuman Daerah di Indonesia

daftar minuman daerah di indonesia

Daftar Minuman Daerah di Indonesia

Daftar Minuman Daerah di Indonesia pastinya sangat beragam jenis nya, bisa dibayangkan dari mulai Sabang sampe Merauke dari berbagai macam suku daerah yang ada di Indonesia ini tiap-tiap daerah pasti punya Minuman Khas. Di daerah jawa barat saja yang saya tau ada bermacam-macam jenis minuman tradisional. Bagaimana kalau di gabungkan dari mulai aceh sampai ke papua kira-kira ada berapa macam jenis minuman tradisional yang ada di Indonesia ini. Dari beberapa jenis minuman tersebut kemungkinan juga ada yang sama jenisnya dengan minuman khas daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Ada beberapa Minuman Daerah Indonesia yang sering di jumpai dikehidupan sehari hari, Minuman tersebut ada yang untuk melepas dahaga di kala haus ada juga yang mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan.

 

Pada umumnya manusia mengonsumsi air putih yang bersih, jernih, dan steril sebagai minuman utama untuk dikonsumsi dan juga baik untuk kesehatan. Langkah mensterilkan air pada umumnya terbagi tiga yakni:

 

  • ozonisasi yakni proses pengolahan air dengan menggunakan ozon yang lazim dilakukan oleh perusahaan-perusahaan air minum dalam kemasan berskala besar
  • Dengan menggunakan sinar ultra violet sebagaimana digunakan oleh usaha depot air minum isi ulang
  • Merebusnya, lazim digunakan di rumah tangga-rumah tangga di Indonesia

 

Selain minuman yang dimaksud, juga hidangan minuman yang beraneka ragam yang disajikan baik dalam acara-acara resmi, rihat atau break, ataupun acara santai, baik di rumah bersama keluarga maupun di pertemuan-pertemuan. Masing masing suku bangsa memiliki minuman khas masing-masing.

 

Minuman yang lazim disajikan antara lain:

 

Minuman panas

Bandrek

Bajigur

Sekoteng

Serbat

Kopi Jahe

Susu Jahe

Wedang Jahe

Adon-adon coro

Wedang Ronde

Wedang Uwuh

Dan lain sebagainya

Minuman dingin

Cendol,

Es teler,

Bir Pletok,

Limun Sarsaparilla,

Lahang,

Legen,

Es Campur,

Minuman Gempol,

Gempol Plered,

Dan lain sebagainya,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*