Daftar Minuman Indonesia

daftar minuman indonesia

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Indonesia terkenal dengan keberagaman baik itu keberagam hayati, hewani, budaya, suku, agama  dan lain sebagainya. Keberagaman itulah yang membuat Negara kita menjadi yang kaya. Salah satu bentuk keberagamannya itu dapat dilihat dari berbagai makanan dan minuman yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Berikut daftar minuman Indonesia yang terbagi dalam jenis minuman dingin dan minuman panas.

No Nama Minuman Asal Daerah Jenis Sajian
1 Bandrek Jawa Barat Panas
2 Bajigur Jawa Barat Panas/Dingin
3 Sekoteng Jawa Tengah Panas
4 Wedang Uwuh Jawa Panas
5 Wedang ronde Jawa Panas
6 Teh Talua Sumatra Barat Panas
7 Cendol /Dawet JABAR/JATENG Dingin
8 Goyobod Jawa Barat Dingin
9 Lahang Indonesia Dingin
10 Es Oyen Bandung Dingin
11 Es Selendang Mayang Jakarta Dingin
12 Es Teler Jakarta Dingin
13 Limun Sarsapila Yogyakarta Dingin
14 Bir Pletok Jakarta Panas/Dingin
15 Es Pisang Hijau Sulawesi Selatan Dingin
16 Es lidah Buaya Kalimantan Barat Dingin

 

Masih banyak lagi minuman khas Indonesia selain yang di atas, beberapa diantaranya adalah minuman yang mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi.

Keberadaan minuman-minuman tersebut sekarang sudah lintas wilayah.  Contohnya es pisang hijau yang merupakan minuman khas sulawesi selatan dapat beli di Jakarta atau Bandung. Begitu pula bandrek atau bajigur sebagai minuman yang berasal dari Jawa barat sudah dapat dinikmati di Kalimantan atau Papua.

Salah satu  yang membuat minuman-minuman ini dikonsumsi di berbagai wilayah nusantara adalah dengan adanya inovasi dengan membuat beberapa jenis minuman tersebut dalam bentuk serbuk instan. Beberapa minuman tersebut, seperti : Bandrek, bajigur, sekoteng.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*