Macam Produk Minuman Yang Mengandung Jahe

Saat ini banyak macam produk minuman yang mengandung jahe beredar di pasaran baik pasar tradisional maupun di swalan-swalayan yang modern. Jenis minuman ini digemari selain dari rasanya juga karena jahe tersebut banyak manfaatnya selain menghangatkan tubuh.

Diantara produk minuman tradisional yang mengandung jahe, yaitu :

1. Bandrek

bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrek yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrek, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrek dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti sakit tenggorokan.

2. Wedang Jahe

wedang jahe

Wedang jahe adalah hidangan minuman teh jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya dihidangkan panas. “Wedang” sendiri adalah bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”, namun dalam hal ini berarti “teh”. Walaupun tanpa kandungan kafein, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh. Minuman ini dibuat dari gula jahe dan kelapa / gula batu. Masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan umum di resep tradisional mereka.

3.Wedang ronde

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut.

Ronde sendiri terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tanah dan gula merah. Konturnya kenyal ketika digigit. Dan bagian dalamnya akan meleleh di dalam mulut kita. Komponen utama dalam wedang ronde ada 2. Yaitu wedang jahe dan ronde itu sendiri. Jika wedang ronde tidak memiliki ronde, maka minuman itu disebut wedang jahe.

 

Untuk mendapatkan minuman-minuman tersebut, sekarang sudah tersedia dalam bentuk sachet dengan penyajian yang lebih praktis. Salah satu produsen produk tersebut adalah cintek dengan produknya dengan merk hanjuang yakni bandrek dan enteh bandrek (wedang jahe). Untuk ronde sendiri, sampai saat ini belum ada produknya, dikarena bahannya yang tidak praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*