Minuman Bajigur

Komposisi Bajigur HanjuangBajigur adalah minuman tradisional khas Indonesia khususnya Jawa Barat. Minuman Bajigur dibuat dengan bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Kandungan rempah-rempah dalam bajigur banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti ramuan tradisional atau herbal yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Manfaat bajigur diantaranya untuk obat masuk angin, obat sakit perut, menghangatkan badan, meningkatkan stamina, gangguan pencernaan, mengatasi demam, anti bakteri, susah BAB, dan peningkat energi.

Bajigur dianggap cukup cocok untuk dikonsumsi di daerah dataran tinggi dingin, atau selama dingin malam atau hari hujan untuk menghangatkan diri. Minuman yang disajikan hangat ini biasa dijajakan bersama kacang rebus, pisang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain sebagainya dalam satu gerobak. Dalam penyajiannya, kadangkala ditambah dengan sedikit kolang-kaling (atau dalam bahasa Sunda biasa disebut cangkaleng) yang diiris tipis.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini Bajigur dibuat dalam bentuk instan berupa kemasan bubuk yang tinggal diseduh menggunakan air hangat, tujuannya agar bisa dinikmati secara praktis kapanpun dan dimanapun tanpa harus repot-repot seperti halnya membuat Bajigur secara tradisional. Disamping itu bajigur dalam bentuk kemasan dapat meningkatkan nilai ekonomis dan meningkatkan citra serta pamor minuman tradisional sehingga tidak kalah bersaing dengan produk minuman import.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*