minuman yang menggunakan rempah-rempah khas Indonesia

Minuman Zaman Modern Citarasa Khas KlasikBegitu banyak minuman tradisional khas Indonesia yang menggunakan rempah-rempah. Minuman tradisional ini memang memiliki khasiat menyehatkan.

Rempah-rempah merupakan tanaman tropis yang tumbuh subur di Indonesia. Saat ini, pemakaian rempah-rempah sudah semakin luas. Selain untuk keperluan rumah tangga (bumbu), rempah-rempah juga digunakan dalam industri farmasi (obat-obatan), industri kosmetika, industri parfum dan industri pangan (pengolahan daging, ikan, dan produk lainnya).

Rempah-rempah dapat berasal dari berbagai bagian tanaman, yaitu: bunga, buah, kulit batang, umbi, daun dan rimpang. Jenis rempah yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah: jahe, kunyit, kencur, temulawak, cengkih, merica, ketumbar, jinten, kayumanis, kayu secang, serai, dan kapulaga.

Setiap jenis rempah memiliki cita rasa, warna, aroma, dan penampakan yang berbeda-beda, sehingga kombinasinya satu sama lain akan memberikan sensasi baru, yang dapat meningkatkan selera, daya terima, dan identitas tersendiri kepada setiap produk yang dihasilkan. Itu sebabnya minuman tradisional umumnya terbuat dari kombinasi beberapa jenis rempah.

Minuman tradisional yang terbuat dari rempah-rempah diantaranya adalah : bandrek dan berbagai variasinya, bajigur, sekoteng, beras kencur dan masih banyak yang lainnya.

Minuman tradisional tersebut sekarang ini sudah tersedia dalam bentuk instan, sehingga mudah untuk dikonsumsi.  Salah satunya adalah minuman tradisional hanjuang.  Produk ini selain dapat dibeli di berbagai supermarket dan took oleh-oleh, juga dapat dipesan secara online melalui website www.hanjuang.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*