Penggunaan Gula Semut Pada Minuman Bandrek-Bajigur Hanjuang

Gula adalah suatu senyawa karbohidrat sederhana yang merupakan sumber energi dan menjadi komoditi perdagangan. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula sebagai sukrosa dapat diperoleh dari nira tebu, bit gula, atau aren. Terdapat sumber-sumber bahan pembuat gula minor lainnya, seperti kelapa, umbi dahlia, anggir, atau jagung, juga menghasilkan semacam gula/pemanis namun bukan tersusun dari sukrosa. Proses pembuatan gula mencakup tahap ekstrasi (pemerasan) diikuti dengan pemurnian melalui distilasi (penyulingan).

gula semutGula merah atau gula Jawa sering diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti aren, kelapa, dan siwalan. Gula merah yang dipasarkan dalam bentuk bubuk curah disebut gula semut yang terkadang disebut juga gula palem. Gula pada umumnya digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis pada makanan atau minuman. Pada minuman tradisional khas priangan yang tersedia di hanjuang.com pun produknya tak lepas dari komponen gula ini.
Minuman bandrek, bandrek spesial, kopi bandrek, coklat bandrek, bandrek rempah panah arjuna, bajigur, kopi bajigur, kopi rempah panah arjuna, beas cikur, sakoteng, dan en teh bandrek produksi CV Cintek menggunakan gula semut sebagai pemanis alami untuk pemanis. Gula semut ini merupakan diperoleh dari para petani binaan di beberapa wilayah di Indonesia yang bekerja sama dalam pemberdayaan sumber daya alam hasil pertanian di pedesaan.

Manfaat gula semut selain sebagai pemanis ternyata bisa juga digunakan untuk menghaluskan wajah dan mengecilkan pori-pori. Caranya cukup mudah, praktis dan ekonomis. Penggunaan gula palem untuk perawatan wajah dilakukan dengan mencampurkan gula palem dengan madu, dan kenakan sebagai scrub atau masker.

Gula semut atau gula palem ternyata memiliki beberapa manfaat lain selain pemanis, diantaranya :

  • Menurut para peneliti kandungan gula kelapa cukup baik dibanding gula yang dibuat dari bahan yang lain serta mengandung kalori yang tinggi dan efek sampingnya tidak begitu besar pada tubuh.
  • Minuman ini tidak hanya sangat bermanfaat terhadap kebugaran tubuh tapi juga ramah di lidah Selain berfungsi sebagai pemanis biasa, gula semut digunakan dalam industri roti ( bakery), kue- kue, kecap, sirup, makanan bayi dan makanan lainnya.
  • Selain glukosa, terdapat protein kasar, mineral, vitaminC, riboflavin, thiamine, fosfor dan calsium.
  • Sebagai penguat rasa dan penguat khasiat minuman kesehatan, tambahkan gula semut ke dalam seduhan kunyit asam, temulawak, wedang jahe dan mengkudu.
  • Dapat digunakan untuk kesehatan seperti terapi asthma, kurang darah/anemia, lepra/kusta, dan untuk mempercepat Pertumbuhan Anak.
  • Bermanfaat  untuk mengobati batuk demam
  • Mempunyai Khasiat Seperti Madu

Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba aneka paduan gula semut pada minuman tradisional yang tersedia di hanjuang.com silakan dapatkan produknya segera.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*