Resep Aneka Minuman Khas Produk UKM Hanjuang

minuman-minuman tradisional indonesiaHanjuang.com merupakan salah satu penjual dari produk Hanjuang, produk ini berupa minuman sachet olahan yang diolah secara sehat, dan menggunakan teknologi mesin industri. Berikut ini merupakan resep aneka minuman khas produk UKM hanjuang yang telah beredar dan telah dikenal luas di nusantara baik secara offline dengan penjualan di warung, mall dan supermarket, dan juga penjualan secara online menggunakan media internet dengan website yang menjual produk hasil UKM hanjuang.

Beberapa resep yang ada diantaranya :

Bajigur dan Bandrek merupakan mimuman khas nusantara yang paling enak diminum selagi panas dan hangat karena memang bertujuan untuk menghangatkan badan di saat cuaca sedang dingin. Di dataran Sunda, seperti Bandung dan wilayah Jawa Barat lainnya, Bandrek dan Bajigur adalah dua jenis minuman panas/ hangat yang sejoli dan biasanya didagangkan bersamaan. Selain Bandung, Bandrek juga populer di Medan Sumatera Utara.

1. RESEP BANDREK

Bahan :
1000 ml air
200 gram gula merah , sisir halus
100 gram jahe bakar, memarkan
5 butir cengkeh kering
2 lembar daun pandan
5 cm kayu manis
½ sdt garam
kolang kaling, pelengkap
serutan kelapa, jika suka

CARA MEMBUAT BANDREK :

Rebus air, daun pandan, gula merah, jahe, cengkeh, garam, dan kayumanis hingga mendidih dan tercium aroma yang cukup sedap. Saring.
Tambahkan kolang kaling rebus yang telah diiris dan serutan kelapa. Sajikan

2. RESEP BAJIGUR

Bahan :
1 liter santan dari 1 butir kelapa
150 gram gula merah, sisir halus
50 gram jahe, bakar, kupas. memarkan
4 cm kayumanis
1 sdt kopi bubuk
2 lembar daun pandan

 

CARA MEMBUAT BAJIGUR :

Rebus santan dengan api kecil, masukkan jahe, gula merah, kayu manis, kopi bubuk dan daun pandan. Masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah, angkat, saring. Sajikan.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*