Resep Minuman Bandrek

Bandrek

Resep minuman bandrek merupakan salah satu resep yang banyak dicari di dunia maya. Bandrek yang merupakan salah satu minuman tradisional yang berasal dari priangan. Bandrek dikenal di daerah sunda di konsumsi sebagai minuman penghangat tubuh oleh mereka yang tinggal di daerah dataran tinggi yang dingin. Dalam perkembangannya bandrek ini juga dikenal di berbagai daerah di nusantara.

Selain menghangatkan tubuh, minuman bandrek juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit ringan. Bagi anda yang lelah setelah beraktifitas seharian meminum segelas bandrek bisa anda coba untuk mengembalikan kesegaran tubuh agar fit kembali.

Minuman bandrek mempunyai rasa yang manis dan pedas yang berasal dari jahe. Cara membuat minuman bandrek tidak jauh berbeda dengan membuat bajigur, sederhana dan bahannya dapat dengan mudah didapatkan di pasar. Bahan  untuk membuat bandrek antara lain jahe, gula aren, kayu manis, cengkeh, kapulaga, bahkan ada juga yang menggunakan cabai. Bagi anda yang ingin membuat bandrek silakan mencoba resep membuat bandrek tradisional.

Bahan membuat bandrek

  • Air 1000 mililiter
  • Jahe 100 gram ( bakar, memarkan )
  • Gula Aren / merah 200 gram (tumbuk halus )
  • Daun pandan 2 lembar
  • Kayu manis  5 cm
  • Cengkih 1 sdt
  • Garam 1/2 sdt

rempah bahan bandrek

Cara Membuat Minuman Bandrek

  1. Masukkan air, jahe, gula aren, daun pandan, kayu manis, garam dan cengkeh ke dalam panci jadi satu.
  2. Kemudian rebus hingga mendidih dan beraroma harum sambil diaduk rata. Angkat dan saring
  3. Sajikan Minuman bandrek selagi panas (untuk 3 porsi)

 

Namun saat ini bagi Anda yang ingin mencoba minuman tradisional khas priangan ini tak perlu repot dan susah mencarinya. Sekarang minuman tradisional bajigur ini sudah ada dalam kemasan sachet atau renteng yang praktis dan dipesan kapan saja karena sudah tersedia secara online di hanjuang.com. Cukup dengan satu gelas air panas dicampur dengan 1 sachet bandrek sudah dapat menikmati minuman hanjuang yang nikmat.

Selamat Menikmati…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*