Bahan dan Cara Membuat Minuman Bandrek

Jika kita berbicara tentang bandrek, bandrekmaka ingatan kita akan menerawang kesalahsatu minuman Indonesia khas sunda. Di daerah Sunda bandrek dikenal sebagai minuman untuk menghangatkan badan, terutama bagi penduduk Sunda yang tinggal di dataran tinggi yang dingin. Seiring perkembangannya bandrek akhirnya menyebar ke seluruh Nusantara.

Bandrek sebagai minuman yang memiliki khasiat menghangatkan tubuh juga dipercaya untuk mengobati sakit pada tenggorokan dan berbagai penyakit lain seperti masuk angin. Jika anda seorang pekerja keras dan memiliki aktifitas yang padat dapat mencoba untuk meminum bandrek untuk membantu proses dalam mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh.

Sekarang telah ada bandrek hanjuang yang merupakan bandrek sachet dari Bandung yang siap anda nikmati setiap saat. Walaupun demikian jika anda masih tertarik untuk meminum bandrek racikan sendiri, anda dapat membuatnya dengan resep berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam mebuat bandrek :
Satu  liter air (4 gelas air)
Jahe setengah Ons (100 gram) yang dibakar, kemudian di memarkan
Serai 2 batang, dimemarkan
Merica setengah sendok, ditumbuk kasar
Gula aren 3 Ons (300 gram), iris
Garam ½ sendok teh
Cengkeh setengah sendok
Kayu manus satu buku ibu jari
Daun pandan 2 lembar

Proses Pembuatan

  • Masukan air, Jahe yang telah dimemarkan, kayu manis, daun pandan, cengkeh, garam dan gula aren  ke dalam panci jadi satu.
  • Kemudian masak hingga air mendidih sambil diaduk hingga merata. Angkat dan saring melalui saringan halus.
  • Sajikan bandrek selagi airnya masih panas.

Tapi jika anda rasa cukup repot anda tinggal pilih Bandrek Hanjuang yang sudah siap campurdengan air panas dan nikmati bersama camilan ringan seperti pisang goreng, atau katimus dan papais.

 

4 Comments

    1. Silakan hubungi bagian layanan kami :
      PSTN / Fax : 022-86615622
      SMS / Call / WA : 0812 1467 7371 / 0856 2416 5453
      PIN BB : 3299 4247
      e-mail : marketing[at]hanjuang.com

    1. Pak Ridiwanto, pemasaran yang baik banyak caranya, salah satunya adalah dengan menggunakan media online yang memudahkan akses informasi kapan dan dimana saja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*