Bahan Minuman Bandrek

bahan minuman bandrek

Bandrek sebagai salah satu minuman tradisional jawa barat memang mempunyai rasa yang nikmat dan manfaat yang yang banyak untuk kesehatan.  Kombinasi dari rasa pedas dan manis serta ditambah aroma menggugah yang berasal dari rempah-rempah. Jahe sebagai bahan minuman bandrek sudah terkenal sebagai salah satu  tanaman obat keluarga.

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Rasa pedas pada jahe sangat ampuh untuk membuat badan menjadi hangat. Selain itu rasa pedas yang khas membuat sensasi rasa yang enak dan khas di lidah. Ya, memang ada sebagian orang yang suka  dengan rasa pedasnya ini. Umumnya juga jahe di konsumsi sebagai obat penghilang masuk angin dan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi beberapa penyakit penggangu kesehatan. Begitu trendnya jahe di kalangan masyarakat, memicu para produsen produk makanan dan minuman untuk membuat suatu produk yang mempunyai rasa seperti halnya jahe.

Salah satu produsen yang memproduksi minuman instan menjadikan jahe sebagai bahan dasarnya, yaitu CINTEK. Cintek memproduksi berbagai minuman tradisional, yang salah satunya adalah bandrek hanjuang. Produksi bandrek hanjuang sudah tersebar ke seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri seperti Malaysia, Amerika Serikat, New Caledonia, Australia dll.

Saat ini bandrek hanjuang sudah bisa didapatkan di berbagai pasar tradisional maupun  toko swalayan. Selain itu juga banyak yang memasarkan secara online, yang salah satunya adalah hanjuang.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*