Contoh pengembangan dan pemanfaatan tanaman toga di Indonesia

Tanaman Toga

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Di Indonesia keberadaan dari toga ini sudah ada sejak lama dan terus dikembangkan sampai sekarang. Contoh dari pengembangan dan pemanfaatan tanaman toga di Indonesia adalah pemanfaatan tanaman toga menjadi bahan dasar minuman tradisional dengan berbagai rasa dan khasiat untuk tubuh kita.

Salah satu jenis dari tanaman toga yang dijadikan minuman tradisional adalah jahe. Jahe memiliki beberapa nama, misalnya ” jae” (jawa timur), “jahe” (jawa barat), “Halia” (Sumatera) dan “Lai” (Kalimantan). Jahe mempunyai daun berbentuk lidah, bulat panjang, sedangkan bunganya tersembul dari tanah berbentuk tongkat atau bulat telur. Dari jenis ukurannya, jahe dibedakan menjadi jahe besar (jahe gajah), jahe kecil (jahe emprit), dan jahe merah (jahe sunti). Dari ketiga jenis jahe itu, yang sering digunakan sebagai obat adalah jahe merah. Karena jahe merah lebih banyak kandungan minyak atsirinya.

Dari jahe dapat dibuat minuman tradisional yang sudah banyak dikenal masyarakat, yaitu bandrek. Bandrek merupakan minuman tradisional khas jawa barat yang terbuat dari jahe dan gula aren ditambah dengan berbagai rempah-rempah untuk memperkaya rasa dan khasiatnya.

Bandrek nikmat dikonsumsi hangat-hangat dan dalam cuaca yang dingin. Bandrek banyak disukai, selain akrena rasa dan khasiatnya, juga cara pembuatannya yang mudah. Apalagi sekarang sudah terdapat bandrek instan yang diproduksi berbagai ukm. Salahsatunya adalah hanjuang. Bandrek hanjuang dapat dibeli di berbagai toko swalayan atau toko oleh-oleh di wilayah Bandung dan sekitaranya. Selain itu, bandrek hanjuang sekarang sudah dapat dipesan secara online melalui websitenya www.hanjuang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*