Minuman Dari Jahe Khas Priangan

Minuman Dari Jahe Khas Priangan

Sebagian besar orang sudah tahu manfaat  jahe, walaupun tidak sebegitu mendalam. Jahe sangat banyak manfaatnya, jahe rasanya pedas di lidah, hal ini disebabkan karena mengandung senyawa keton (zingeron). Kita sering memanfaatkan jahe sebagai penghangat tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bermanfaat untuk mengobati masuk angin, sakit kepala, migraine, tekanan darah tinggi dan masih banyak yang lainnya.  Dikarenakan banyak manfaatnya inilah jahe diminati oleh orang. Banyak sekali variasi minuman dari jahe yang sudah kita kenal, khususnya dari daerah priangan. Priangan yang terkenal daerah yang sejuk, sangat cocok dengan karakter jahe yang menghangatkan.

Adapun minuman yang berbahan dasar jahe, diantaranya adalah

Bandrek

bandrekBandrek merupakan salah satu minuman khas priangan yang sudah terkenal dan memberikan efek hangat pada tubuh. Bahan dasar bandrek adalah jahe dan gula merah (aren). Untuk menambahkan aroma dan rasanya maka dapat ditambahkan berbagai jenis rempah seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

 

 

Sekoteng

Sekoteng sekalipun berasal dari jawa tengah, tetapi sudha termasuk ke dalam minuman khas yang sering dihidangkan di daerah priangan. Bahan dasarnya yakni jahe dan bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak dari sore hingga malam hari.

 

Enteh dan Kopi bandrek

Esekotengnteh bandrek dan kopi bandrek merupakan modifikasi dari bandrek original. Baik enteh maupun kopi bandrek ini mengakomodir dari orang yang menyukai enteh atau kopi tetapi menginginkan sensasi hangat yang dihasilkan dari jahe. Maka jadilah kedua jenis minuman tersebut.

 

 

 

Kesemua jenis minuman di atas sekarang sudah tersedia dalam bentuk serbuk  yang dikemas dalam sachet sekali pakai. Salahsatu merk yang sudah dikenal masyarakat untuk jenis minuman tradisional sachet tersebut adalah hanjuang. Jadi sekarang kita tidak perlu repot-repot untuk meracik berbagai jenis minuman tersebut dari bahan dasarnya, tetapi cukup dengan satu sachet hanjuang ditambah secangkir air panas sudah dapat menghasilkan minuman yang nikmat dengan berbagai manfaat yang dikandungnya.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*