Minuman Khas Indonesia

Bajigur Original HanjuangIndonesia kaya akan ragam kuliner yang berasal dari bahan makanan yang mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kuliner minuman. Setiap daerah di Negara Indonesia memiliki kuliner tersendiri yang tentu saja bahan dasarnya dibuat berdasarkan tanaman yang banyak dijumpai di daerah tersebut. Bahan dasar yang paling banyak digunakan adalah bahan-bahan alami yang sering di jumpai di daerah-daerah Indonesia, yaitu rempah-rempah dan tanaman obat, seperti : jahe, kencur, kunyit, lada dan lain-lain. Secara ilmiah, bahan-bahan tersebut mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh.

Dalam proses pembuatan minuman tradisional khas di Indonesia ini memang tidaklah sulit. Contohnya saja, pembuatan Bandrek dan Bajigur yang merupakan minuman khas priangan, langkah-langkah pembuatan cukup sederhana dan tidak memerlukan peralatan khusus sehingga setiap orang tidak akan merasa kesulitan untuk membuatnya sendiri. Selain itu, didalam proses pembuatan minuman khas ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia, seperti pengawet atau pewarna sintetis, sehingga tidak membahayakan bagi tubuh jika dikonsumsi terus menerus atau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bahan-bahan cenderung mudah didapatkan sehingga pembuatan minuman khas Indonesia ini semakin mudah dikreasikan.

Minuman tradisional khas daerah-daerah di Indonesia seiring dengan perkembangan waktu dan jaman, minuman tradisional asli Indonesia mulai tergerus oleh minuman-minuman buatan pabrik. Minuman kemasan buatan pabrik yang diproduksi masal dirasakan lebih murah, sangat praktis dan bisa langsung dikonsumsi. Sehingga, secara perlahan-lahan minuman tradisional ini pun sulit ditemukan. Entah karena semakin sedikit orang yang mengerti cara pembuatannya atau karena enggan membuat atau mengonsumi takut dibilang ketinggalan jaman. Padahal dibalik semua itu, minuman tradisional khas Indonesia ini sangat mudah dibuat dan mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*